Langsung ke konten utama

Tren & Inovasi Sistem Teknologi Informasi

Seiring perkembangan zaman perkembangan teknologi informasi dapan memudahkan manusia untuk beraktifitas melihat berita dan mencari berbagai informasi yang beredar di dunia maya.dengan kemajuannya teknologi ada dua dampak negatif dan positif tentang teknologi saat ini. Mulai dari berita apapun yang mungkin bisa kita lihat pada social media banyak sekali beredar informasi informasi yang bermanfaat bagi kita untuk bisa memaksimalkan segala aktifitas yang ada saat ini. Perlu kita ketahui juga bahwa dengan teknologi segala aktifitas bisa berjalan dengan mudah dan praktis sehingga membantu banyak untuk kegiatan kita kedepannya.

Dampak positif Perkembangan teknologi di kalangan saat ini dapat memudahkan mencari informasi dan memudahkan pekerjaan tergantung bagainama kita menggunakan teknologi yang dapat bermanfaat bagi kita dan orang lain. namun disatu sisi ada juga dampak negatifnya yaitu, Dampak negatif perkembangan teknologi di kalangan saat ini banyak remaja yang salah menggunakan teknologi ini yang hanya untuk kepentingan pribadi yang dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan. Melalui teknologi yang menggunakan jaringan internet ini dapat memudahkan kita bertransaksi dengan mudah dan cepat,serta dapat mendidik remaja untuk mengenali teknologi dengan baik,sehingga remaja tidak terjerumus perkembangan teknologi yang menjerumuskan mereka kearah yang negatif.



(Source : Google.com)

Teknologi kini berkembang dengan sangat cepat dan dapat memungkinkan adanya perubahan dan kemajuan yang lebih cepat. Agar dapat bersaing, kita harus memahami apa saja trend teknologi di tahun 2019 dan apa yang dimaksud dengan masing-masing trend tersebut.
Mari kita bahas 7 Tren Teknologi di tahun 2019 berikut ini.
  1. Artificial Intelligence (AI)
Pada beberapa tahun terakhir ini, AI memang sudah menjadi tren IT yang tidak asing lagi. Artificial Intelligence, atau AI, mengacu pada sistem komputer yang dibangun untuk meniru kecerdasan manusia dan melakukan tugas-tugas seperti recognition of imagesspeech or patterns dan decision making.
AI diketahui dapat melakukan tugas-tugas ini lebih cepat dan lebih akurat daripada manusia.
(Source : Google.com)
  1. Machine Learning
Machine Learning adalah bagian dari AI. Dengan Machine Learning, komputer diprogram untuk belajar melakukan sesuatu yang tidak diprogram: Machine learning benar-benar belajar dengan menemukan pola dan wawasan dari data.
Aplikasi Machine Learning itu sendiri digunakan untuk data analyticsdata mining, dan pattern recognition. Pada bagian konsumen, Machine Learning memberdayakan hasil pencarian web, real-time ads dan network intrusion detection.
Penerapan machine learning pada industri periklanan Google.  (Source : Google.com)
  1. Robotic Process Automation or RPA
Seperti AI dan Machine Learning, tren Robotic Process Automation atau RPA, adalah teknologi lain yang mengotomatisasi pekerjaan. RPA adalah penggunaan software untuk mengotomatisasi proses bisnis seperti menafsirkan aplikasi, memproses transaksi, berurusan dengan data, dan bahkan membalas email.
(Source : Google.com)

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan RPA :
·         RPA meningkatkan kualitas dan standar kerja.
·         RPA memiliki fleskibilitas penambahan robot sesuai dengan kebutuhan.
·         RPA dapat menurunkan biaya pengolahan data.
  1. Blockchain
Meskipun kebanyakan orang berpikir tentang teknologi Blockchain berkaitan dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, namun blockchain menawarkan keamanan yang berguna dalam banyak hal lainnya.
Keamanan yang ditawarkan oleh blockchain terbilang tinggi. Hal tersebut mengapa blockchain digunakan untuk cryptocurrency, dan mengapa blockchain dapat memainkan peran penting dalam melindungi informasi seperti data medis pribadi.

  1. Virtual Reality and Augmented Reality
Virtual Reality (VR) dikenal sebagai teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, sementara Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda tersebut dalam waktu yang nyata.
(Source : Google.com)

Meskipun sejauh ini VR terutama telah digunakan untuk industri gaming, namun VR telah digunakan juga untuk pelatihan. Pelatihan tersebut meliputi VirtualShip, simulation software used yang digunakan untuk melatih kapten Angkatan Laut AS, Angkatan Darat dan Coast Guard ship captains.
Sedangkan untuk Pokemon Go yang sudah populer akhir-akhir ini adalah salah satu contoh dari AR. VR maupun AR memiliki potensi besar dalam segi pelatihan, hiburan, pendidikan, dan hal-hal lainnya.
Ada beberapa pemimpin pasar VR yang diketahui saat ini, seperti Google, Samsung, dan Oculus.
  1. Cyber Security
Cyber security juga diketahui sebagai salah satu tren teknologi di tahun 2019 nanti. Cyber security dikenal sebagai keamanan informasi yang diaplikaskan pada komputer dan jaringan. Hal ini bertujuan untuk membantu user dalam mencegah adanya penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem berbasis informasi.
(Source : Google.com)
  1. Internet of Things
Banyak hal saat ini dibangun dengan konektivitas WiFi, yang berarti pengguna dapat terhubung ke internet satu sama lain. Oleh karena itu, Internet of Things atau IoT memungkinkan perangkat, peralatan rumah tangga (home appliances), mobil dan banyak lagi untuk dapat terhubung dan bertukar data melalui internet.
(Source : Google.com)

Media Di Dunia Yang Berubah
Teknologi media berubah setiap generasi: Misalnya, Mr. McQuitty, yang berusia 45 tahun, adalah produser televisi. Ketika dia berada di sebuah perguruan tinggi kursus survei komunikasi, opsional kami Mr. McQuitty mempelajari buku-buku, surat kabar, majalah, radio, televisi, dan film. Saat ini, media konvensional ini telah berkembang melalui munculnya teknologi digital. Putri Tuan McQuitty, Rachael, ingin memulai saluran daringnya sendiri. Dia mengambil kuliahnya di kampus dan beberapa kursus online serta mengunduh buku pelajarannya dari Internet. Dunianya berputar di sekitar iPod, SMS, Facebook, YouTube, dan Xbox. Bentuk media konvensional bergabung dengan media yang baru dengan cara yang mengubah pola konsumsi media kita dan masyarakat.

Siapa pun yang memilikinya pernah menggunakan telepon seluler untuk mengunduh email, beri suara untuk Kontestan American Idol, melihat klip video, atau mendengarkan lagu telah mengalami penggabungan massa konvensional media menjadi bentuk media baru melalui kemajuan digital teknologi dan jaringan telekomunikasi. Media teknologi yang baru berdampak pada budaya kita dengan menawarkan gaya hidup baru, menciptakan pekerjaan baru, menggantikan manusia dengan robot, menuntut peraturan baru, dan juga menyajikan keunikan masalah sosial baru.

Namun, perubahan itu tidak murni didorong oleh teknologi. Kreativitas individu dan budaya kita mendorong teknologi dan perusahaan yang  mendefinisikan kembali penggunaannya.

Penggabungan Teknologi
Tidak banyak bentuk komunikasi analog murni yang masih umum digunakan hari ini. Kami masih mengalami komunikasi analog murni ketika kami berada di sebuah ruangan dengan orang lain mendengarkan apa yang mereka katakan dan melihat ekspresi wajah mereka. Catatan tulisan tangan adalah contoh lain, tetapi hanya untuk mereka yang tidak menggunakan media sosial atau yang sedang booming saat ini adalah Twitter. Dalam kurun waktu singkat teknologi telah menjauhkan kita dari komunikasi analog dan memasuki era digital di mana hampir semua bentuk lainnya komunikasi dibuat, disimpan, atau ditransmisikan dalam bentuk digital.

   Domain digital sekarang mencakup hampir semua radio, televisi, film, surat kabar, majalah, dan buku dengan daftar pengecualian yang semakin menyempit. Radio lokal adalah satu-satunya media analog murni yang tetap ada — stasiun radio musik masih mengirimkan sinyal analog tetapi mereka memutar musik itu disimpan pada rekaman digital. Untuk mengejar ketinggalan zaman “media lama”  dengan inovasi digital mereka sendiri. Industri musik semakin bergantung pada distribusi digital melalui iTunes dan layanan musik digital lainnya setelah menghadapi kehancuran dari pengunduhan Internet yang bebas tetapi ilegal. Sekarang bentuk media digital baru telah muncul, mulai dari video game hingga sosial.


“Manusia tak akan pernah berhenti bereksplorasi. Kita perlu melihat jauh ke depan dan beralih dari ‘giat berinovasi’ menjadi ‘gigih mencipta’.  Perubahan cepat akan terjadi dalam kehidupan manusia, budaya kerja, dan dalam kehidupan bermasyarakat, seiring makin tingginya pengadopsian teknologi AI, 5G, komputasi awan, serta sejumlah teknologi berkembang lainnya.”
Pernyataan diatas disampaikan oleh seorang ahli teknologi dari salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia, Kevin Zhang. Bicara perubahan dan inovasi, kita tidak bisa lepas dari sektor digitalisasi dan teknologi masa depan.
Kemauan dan kebutuhan yang terus berubah lagi bertambah membuat manusia tidak puas dengan apa yang ada. Ditambah lagi adanya kemajuan informasi dan dunia keilmuan, yang mendorong kita untuk berkembang ke arah yang semakin baik.
Pada artikel kali ini, kita akan coba jabarkan dan ulas tentang teknologi masa depan. Apa saja bentuknya, sektor apa yang akan dipengaruhi, dan bagaimana kita menyikapinya.
Kemungkinan di Era Teknologi Mas Depan
Bicara masa depan, berarti berbicara tentang sesuatu yang akan datang dan identik dengan apa yang diimpikan. Ditambah dengan kemampuan dan keinginan manusia untuk menjadi lebih baik, membuat adanya inovasi.
Dengan kata lain, mimpi, ditambah kemampuan dan keinginan akhirnya menghasilkan suatu inovasi. Kehadiran inovasi, membuat berbagai kemungkinan baru yang perlu kita hadapi dan memaksa diri kita untuk beradaptasi.
Berikut ini beberapa hal yang mungkin akan terjadi, dan memiliki kaitan dengan teknologi masa depan, yaitu:
Munculnya Berbagai Pekerjaan Baru
Saat ini, kita kenal dengan istilah revolusi industri 4.0, dimana salah satu cirinya adalah kemajuan teknologi dan era digitalisasi. Digitalisasi dapat dan sangat mungkin terjadi di berbagai sektor. Awalnya memang mengkhawatirkan, karena digitalisasi membuat kerja manusia tergantikan.
Akan tetapi jangan khawatir, karena tertutupnya pekerjaan manusia, bukan berarti tertutup begitu saja. Akan banyak pekerjaan baru yang muncul, tentunya yang berkaitan dengan teknologi.
Karena, secanggih-canggihnya teknologi, ia tetap buatan manusia. Di mana saat terjadi kesalahan atau kerusakan, manusia-lah yang tetap bisa memperbaikinya.
Misalnya jika dulu kita membutuhkan banyak petugas untuk menjaga loket pembayaran pajak, tapi sekarang semuanya bisa dilakukan secara online. Bukan berarti Dirjen Pajak tidak lagi membutuhkan orang dalam pelayanannya, mereka tetap membutuhkannya, tapi berbeda posisi, menjadi web developer misalnya.

Tuntutan Atas Keterampilan Baru
Sejalan dengan poin pertama tentang akan munculnya pekerjaan-pekerjaan baru. Itu membuat atau bahkan menuntut kita untuk memiliki keterampilan baru juga.
Jika kita tidak mau kalah dengan teknologi dan digitalisasi, maka kita harus segera mengakrabkan diri dan menaklukannya. Semakin tinggi daya adaptasi dan kemampuan kita menganalisa kebutuhan akan kemampuan tertentu, membuat kita tidak akan khawatir dan takut dengan berbagai kemajuan ini.
Bekerja dengan Robot
Poin terakhir yang mungkin harus kita siapkan dan perhatikan adalah kemampuan kita untuk bekerja bersama robot. Membuat kita bukan memusuhi, tapi berteman dengan robot dan membuat mereka sebagai pihak yang bisa memudahkan pekerjaan kita.
Tren terkait Teknologi Masa Depan
Berikutnya, kita akan bahas, tren dan kemungkinan jenis-jenis teknologi yang akan hadir di masa depan. Kepastian waktunya sangat tentatif, masa depan yang dimaksud tidaklah harus sepuluh tahun mendatang, bisa lebih cepat dari pada itu, atau bahkan tahun depan kita sudah menemuinya.
Sekarang kita akan membahas poin-poin dari tren teknologi masa depan yang diprediksikan akan segera hadir oleh Global Industry Vision (GIV).
Tata Kelola Global
Poin pertama terkait pada tata kelola global yang akan berubah ke arah digital. Bisa dalam hal pengelolaan keuangan, hingga pemeritahan. Teknologi ini akan memanfaatkan big data dalam menjalankan berbagai kebutuhan pengelolaan.
Diprediksikan oleh GIV, tahun 2025 jumlah data dan penggunaannya bisa sangat besar. Setara dengan 1 triliun GB setiap tahunnya.
Komunikasi Bebas Hambatan
Kemudian, yang akan menjadi tren dari teknologi masa depan adalah alur komunikasi yang semakin mudah dan bebas hambatan. Untuk poin ini, banyak sektor yang saling mempengaruhi dan mendukung adanya kelancaran komunikasi ini.
Misalnya saja inovasi big data dan penggunaannya, hingga teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih. Sehingga nantinya seakan tidak ada lagi batasan wilayah atau waktu untuk melakukan komunikasi.
Gelaran 5G
Sebagian besar dari kita menggunakan jaringan 4G untuk mengakses internet dan berkomunikasi. Kecepatan sudah cukup baik, tapi namanya juga manusia yang tidak pernah puas, maka akan terus ada inovasi.
Maka dari itu, hadirlah teknologi atau gelaran 5G yang digadang-gadang jauh lebih cepat dari generasi pendahulunya. Gelaran 5G diprediksi bisa dirasakan dan digunakan di tahun 2025, tapi ia baru bisa menjangkau 58% dari populasi manusia yang ada. Mungkinkah kita menjadi salah satunya?
Sistem Transportasi Cerdas
Kalau sekarang kita familiar dengan perangkat telepon cerdas atau yang banyak disebut dengan smartphone, nantinya kecerdasan itu juga akan menular pada hal lain, seperti transportasi.
Teknologi masa depan dalam bidang transportasi memungkinkan adanya sinergisasi antara transpotasi, infrastruktur dan manusia. Membuat semuanya menjadi lebih mudah, lebih efisien dan diharapkan bebas hambatan.
Bentuk teknologinya deprediksikan ada dalam bentuk cellular vehicle to everything. Mungkin tidak ada lagi masinis, atau bahkan pilot. Semuanya digerakkan oleh mesin yang diatur secara digital.

Adanya Ekonomi Simbiotik
Maksudnya adalah terjalinnya atau terbangunnya sinergi atau simbiosis yang kuat dalam berbagai sektor. Hal tersebut akan berdampak pula pada sektor ekonomi.
Kemajuan ekonomi, dan kekuatan ekonomi akan terbangun lebih kuat dan saling bersinergi satu sama lain.
Augmented Creativity

Pernah dengar istilah barusan, yang juga sering disebut dengan AI, tapi bukan artificial intelligence. Augmented creativity maksudnya adalah satu teknologi atau terobosan yang anntinya akan menjadi jembatan antara pekerjaan di dunia nyata dengan pengalaman digital.
Semacam aplikasi yang akan menggabungkan antara interaksi, kreativitas dan digital. Ia akan bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan, sains, seni dan lainnya. Diprediksi akan banyak perusahaan yang menggunakannya dan memanfaatkannya.
Diyakini, teknologi masa depan satu ini bisa menggabungkan berbagai hal, seperti konsep, komputer program, dan ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang dan sektor.
Contoh Teknologi Masa Depan
Kalau kamu adalah seorang yang aktif mengikuti perkembangan dunia ilmu pengetahuan, sains dan teknologi, mungkin kamu sudah mengetahui apa saja yang tengah direncanakan oleh para ilmuan, atau bahkan sudah diproses oleh mereka untuk menghasilkan teknologi terbarukan.
Di bawah ini adalah beberapa contoh teknologi masa depan yang akan ada dan tengah dalam proses pembuatan.
  •    Aspal yang Menyerap Air

Proyek pengaspalan jalan dulunya mungkin menjadi hal yang membawa dampak kurang baik. Sebab, akan  mengurangi daerah resapan air dan membuka kemungkinan banjir saat hujan.
Mengatasi masalah itu, seorang ilmuwan dari Indonesia, di salah satu institusi sains menemukan teknologi yang dapat membuat aspal penyerap air. Sehingga saat turun hujan atau tumpahan air, akan segera terserap dan tidak menyebabkan banjir.
  •   Laboratorium atau Sawah Terapung

Minimnya luas lahan membuat banyak ilmuwan berpikir dan mencari solusi untuk membuat bangunan. Ilmuwan asal Perancis tengah merancang laboratorium terpadu yang ada di atas kapal, sehingga tidak membutuhkan lahan luas untuk membangunnya.
Begitu pun dengan sawah terapung. Gagasan ini muncul dari akademisi Indonesia, dengan latar belakang luasnya laut Indonesia. Diprediksi, dengan membuat sawah terapung diatas laut, maka luas sawah akan semakin besar dan kebutuhan pangan akan lebih mudah terpenuhi.
  • Self Driving Car

Ketika kita mengartikannya secara harfiah, maka kita akan memahami maksudnya adalah mobil yang dapat berkendara sendiri, atau tanpa supir. Seperti yang sudah dibahas di bagian teknologi pintar, sangat mungkin anntinya kita tidak membutuhkan supir untuk berkendara.
Namun, itu semua tetap tidak sepenuhnya otomatis. Manusia tetap harus mengatur secara digital keberjalanan mobil tersebut.

Referensi :

IdCloudHost. (15 Mei 2018).  Bagaimana Perkembangan Teknologi Informasi Saat ini?. Diakses tanggal  28 Okt. 19.  Retrieved from IdCloudHost :

https://idcloudhost.com/bagaimana-perkembangan-teknologi-informasi-saat-ini/

Admin, M. (19 Desember 2018).  7 Tren Teknologi di Tahun 2019. Diakses tanggal 28 Okt. 19. Retrieved from Phintraco :

http://www.phintraco.com/7-tren-teknologi-di-tahun-2019/

Joseph Straubhaar, Robert LaRose, Lucinda Davenport. 2010. Media Now 7th Edition. Wadsworth, USA.
Advernesia. 10 Manfaat dan Contoh Penerapan Machine Learning. Diakses tanggal 28 Okt. 19. Retrieved from Advernesia :
Mitra Teleinformatika Perkasa. Kenali Robotic Process Automation  Dalam 3 Menit!. Diakses tanggal 28 Okt. 19. Retrieved from Mitra Teleinformatika Perkasa :

IdCloudHost. (17 Oktober 2017).  Mengenal Apa itu Teknologi Blockchain. Diakses tanggal  28 Okt. 19. Retrieved from IdCloudHost :

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-teknologi-blockchain/

Ashilah, T. (30 Agustus 2019). Seperti Apa Teknologi Masa Depan, Tantangan dan Tren yang akan Terjadi?. Diakses tanggal 28 Okt. 19. Retrieved from Jojonomic :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Jurnal Sistem Pakar (Expert System)

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan review jurnal tentang kecerdasan buatan (sistem pakar) untuk memenuhi tugas softskill. Judul Sistem Pakar Mendeteksi Tindak Pidana Cybercrime   Menggunakan    Metode Forward Chaining Berbasis WEB Di Kota Batam Jurnal Jurnal Edik Informatika Volume & Halaman V3.i2 (197-210) Tahun 2017 Penulis Anggia Dasa Putri dan Dapit Pratama Reviewer Cici Al Tasya (11118555) Tanggal 18 November 2020 Latar Belakang Dalam jurnal yang saya review penulis telah memaparkan secara jelas dan lengkap   dari permasalahan mengapa dibuatnya sistem pakar mendeteksi kasus-kasus serta menentukan sanksi tindak pidana cybercrime berdasarkan UU Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2008, dan untuk mempermudah sekaligus membantu dalam mengambil suatu jawaban atau kesimpulan tentang

Audit Teknologi Sistem Informasi

Definisi Audit TSI Audit dapat didefinisikan sebagai pemeriksaan independen, inspeksi atau penilaian. Istilah ini berlaku untuk banyak subjek yang paling umum digunakan dalam memeriksa laporan keuangan suatu organisasi atau akun. Audit TI mencakup berbagai standar, persyaratan, dan kriteria evaluasi lainnya yang konsisten dengan proses, sistem teknologi, atau komponen apa pun yang terlibat dalam evaluasi TI. Menurut Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO), audit adalah proses sistematis, independen dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan membuat penilaian objektif untuk menentukan sejauh mana kepuasan kriteria audit. Dalam terminologi Perpustakaan Infrastruktur Teknologi Informasi (ITIL), audit didefinisikan sebagai pemeriksaan formal dan verifikasi untuk memverifikasi apakah standar atau serangkaian pedoman yang diikuti dapat menghasilkan akurasi atau efisiensi.   Jenis Audit dan Ruang Lingkup Audit TSI Audit Keuangan Tujuan audit keuangan adalah unt

Sejarah Perkembangan Teknologi

       Teknologi informasi atau dalam bahasa aslinya information technology merupakan penjabaran dari teknologi baru. Hal ini dimaksudkan karena setiap berbicara mengenai teknologi informasi, maka yang menjadi pokok bahasan adalah perangkat yang menggunakan mesin micro atau perangkat mini. Teknologi informasi dapat dimaksdukan sebagai kegiatan pengumpulan, pengolahan, pengelolaan, penyimpanan, penyebaran dan pemanfaatan suatu informasi. Selain menyangkut perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lunak ( software ), teknologi   ini juga memperhatikan kepentingan manusia dalam pemanfaatannya. (Source : Google.com)    Pada saat ini teknologi informasi mengalami perkembangan yang cukup pesat. Selain perkembangan jenis peralatan teknologi maupun software aplikasi pendukung, perkembangan ini juga berdasarkan pada semakin meratanya pengguna teknologi informasi ini.    Teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras ( hardware ) dan perangkat lu